Asal-Usul Permainan Paintball Yang Kini Sudah Menjadi Cabang Olahraga Di Dunia

Oleh : ftrrahman | 2022-03-31 12:50:40

Paintball pertama ditemukan pada tahun 1960 oleh Nelson Paint Company. Pada awalnya Paintball digunakan untuk penanda dan tidak pernah dimaksudkan untuk memainkannya dengan saling tembak. Melainkan dimaksudkan untuk digunakan oleh penebang dan peternak, penebang menggunakan penanda Paintball ini untuk menandai pohon, sementara peternak menggunakannya untuk menandai ternak saat menunggang kuda. Paintball asli menggunakan isian berbahan dasar minyak.
Permainan ini lahir dari diskusi antara Bob Gurnsey (pengecer barang olahraga), Hayes Noel (broker saham) dan Charles Gaines (penulis). Mereka semua adalah teman baik dan mereka menikmati duduk sambil minum bir dan mendiskusikan segala macam topik. Salah satu topik yang mereka diskusikan, atau debatkan, adalah bertahan hidup di hutan. Secara khusus mereka mempertanyakan apakah penduduk kota dengan kecerdasan jalanan bisa bertahan melawan orang desa di hutan. Perdebatan ini berlanjut selama beberapa tahun.
Ada sedikit keraguan bahwa tembakan Paintball pertama pada seseorang mungkin terjadi antara penebang atau koboi, tetapi pertandingan resmi pertama Paintball terjadi pada 7 Juni 1981 di daerah berhutan di New Hampshire. Bob Gurnsey menulis aturan mainnya. Empat stasiun bendera dipasang melalui pelat kayu seluas 125 hektar. Setiap stasiun bendera memiliki bendera berwarna, satu untuk masing-masing pemain. Pemenangnya akan menjadi pemain pertama yang mengumpulkan benderanya dari semua stasiun bendera.
Ada 12 pemain yang bertanding di game pertama Paintball. Di antara mereka yang hadir adalah Bob, Hayes, dan Charles—tiga orang yang mencetuskan ide tersebut. Sembilan pemain yang tersisa adalah Jerome Gray (pembuat film), Ritchie White (forester), Ronnie Simpkins (petani), Bob Carlson (ahli bedah), Ken Barrett (investor), Joe Drinon (broker saham), Carl Sandquist (kontraktor) dan penulis Lionel Atwill dan Bob Jones.
Setiap pemain dilengkapi dengan Nel-Spot Pistol, Paintball, pelindung mata dasar, dan peta area yang belum sempurna. Para pemain berangkat ke hutan dan permainan dimulai dengan meniup peluit. Strategi para pemain bervariasi. Beberapa menggunakan kecepatan mereka dalam upaya untuk sampai ke stasiun bendera sebelum kompetisi mereka. Yang lain melakukan penyergapan di dekat stasiun bendera, dalam upaya untuk menghilangkan lawan mereka.

Tags : Paintball, Sports, Sejarah